Sinopsis K-Drama : The Return of Iljimae

The-Return-of-Iljimae-01
 

Judul : The Return of Iljimae (돌아온 일지매)  
Genre : Sejarah, Action, Roman
Jumlah Episode : 24
Jadwal Tayang :  Tahun 2009 di MBC
Para Pemain :
Pemeran Utama:
Jung Il Woo sebagai Il Ji Mae
Yoon Jin Seo sebagai Dal Yi / Wol Hee
Kim Min Jong sebagai Goo Ja Myeong
Jung Hye Young sebagai Baek Mae (ibu kandung Iljimae)
Lee Kye In sebagai Jeol Chi
Park Geun Hyung sebagai Kim Ja Jeom
Park Chul Min sebagai Wang Hyeong Bo
Oh Young Soo sebagai Rahib Yeol Gong
Kang Nam Gil sebagai Bae Seon Dal
Kim Yoo Hyun sebagai Puteri Mo Ran
Lee Hyun Woo sebagai Cha Dol Yi
Pemeran Pembantu:
Sandara Park (2NE1) sebagai Rie
Jun Soo Yeon sebagai Soo Ryun
Lee Ho Jae sebagai Kim Joong Hwan (ayah kandung Iljimae)
Jung Joon sebagai Kim Joon Seo (saudara kandung Iljimae)
Seo Hye Won sebagai Choon Wol
Hwang Jung Ri sebagai Miyamoto Masai
Harisu sebagai Ki Seon Nyeo
==========================================================================
Singkat kata, singkat cerita, The Return of Iljimae ini sama seperti “Iljimae” alias Robinhoodnya Korea.
TAPI………………………………………….
.
.
.
.
.
The Return of Iljimae ini sama sekali tidak ada hubungannya dengan Iljimae.
Iyaaaa……… saya pun juga tertipu 
Saya pikir The Return of Iljimae ini adalah sekuel dari Iljimae, tapi ternyata TIDAK 
Apakah karena drama ini tayang di MBC??? yang artinya MBC juga pengen menayangkan drama yang bisa booming seperti Iljimae??? dengan memanfaatkan momentum “ending iljimae” atau demam iljimae?? entahlah 
Yang pasti drama ini adalah versi yang lain atau bahkan benar2 sebuah drama yang berbeda hanya saja dengan tema yang sama, yaitu pencuri/perampok baik hati.
Jadi, bisa kita simpulkan di sini untuk karakter pencuri/perampok baik hati ala Korea namanya mesti Iljimae 
Lalu bagaimana kesan saya terhadap drama ini setelah saya menontonnya sendiri?
Yup, seperti yang saya sebutkan sebelumnya, drama ini sama sekali tidak ada hubungan darah dengan drama iljimae. Dan bahkan dugaan saya bahwa pihak MBC ingin menayangkan drama serupa dengan harapan bisa meraih sukses seperti iljimae dengan memanfaatkan momentum iljimae sepertinya benar. Jika dilihat dari perolehan rating drama ini, pada episode2 awal jelas sekali terlihat ratingnya yang tinggi, hal ini jelas para penonton mengira bahwa drama ini adalah sekuel iljimae seperti anggapan saya sebelum menontonnya. Namun kemudian setelah 3 atau 4 episode pertama, saat jelas terlihat bahwa drama ini tidak ada hubungan saudara dengan iljimae, atau pada saat penonton sadar kalau telah tertipu, seperti saya   ratingnya langsung drop, sangat drastis sampai di episode akhirnya 
Padahal sebenarnya drama ini bukannya tidak bagus, hanya saja mungkin karena judul drama ini telah menipu penonton, melenceng jauh dari ekspektasi penonton yang sudah terlanjur “demam iljimae” yang kemudian sangat kecewa lalu akhirnya memutuskan untuk tidak meneruskan mengikuti drama ini.
Saya juga merasakan hal yang sama, karena saya sendiri salah satu orang yang telah menonton iljimae dan saya cukup terkesan dan hanyut dalam karakter iljimae yang kemudian gelap mata melihat judul “the return of iljimae”, lalu timbul ekspektasi yang cukup tinggi terhadap karakter iljimae untuk kembali berkiprah dalam aksi curi-mencuri, rampok merampok serta segala macam misteri dan romannya. 
Tetapi, sekali lagi, dan sepertinya hampir setiap kali kalau saya sudah terjebak dalam suatu “misteri”, tidak mudah bagi saya untuk melupakannya begitu saja, rasa penasaran itu akan terus menghantui dan bahkan menyemangati saya  
Walaupun saya sebenarnya “sangat2 terganggu dengan gaya cerita” drama ini. Gaya apaan sih yang saya maksud?
Yaitu adanya “NARASI” dari narator yang muncul hampir di sepanjang drama ini. Sangat aneh dan sangat mengganggu pada awalnya karena baru kali ini saya menyaksikan sebuah kdrama yang ada “narasi” nya. Karena umumnya pada setiap drama atau film sudah cukup sebuah prolog berupa catatan/tulisan yang cukup singkat untuk membantu pemirsa untuk dapat lebih cepat memahami cerita yang akan dibawakan tersebut.
Menonton drama dengan “narasi” seperti ini langsung mengingatkan saya pada sebuah tayangan hiburan “Opera Van Java” ala dalang Parto, dimana narasi itu muncul hampir di setiap segmen pementasan wayangnya. Dimana narasi itu jelas dimaksudkan untuk membawa penontonnya tetap update dan dapat mengikuti alur kisah yang dibawakan mengingat keterbatasan waktu untuk dapat menampilkan keseluruhan kisah secara detail.
Namun pada drama ini narasi itu benar2 nyata adanya 
Hal ini awalnya jelas membuat saya terganggu karena ini adalah pengalaman pertama dan yang kedua saya berpikir apakah sang penulis naskah dan sutradara drama ini tidak mampu menampilkan drama ini secara natural seperti biasanya???
Tapi yang jelas akibat “misteri” yang tersirat dalam alur kisahnya yang telah menjerat saya akhirnya saya teruskan untuk menontonnya sampai akhir, dimana pada episode pertengahan saya sudah tidak lagi terganggu dengan narasinya 
Sebenarnya ada banyak sekali misteri yang tersirat di sepanjang drama ini yang kemudian misteri itu sebagian besar dibuka/dijelaskan dengan “narasi” itu. Jadi sebenarnya narasi itu di satu sisi bisa membuat penonton pusing karenanya dan di satu sisi bisa membantu penonton memahami alur kisahnya secara utuh.
Apakah sang penulis naskah dan sutradara kebingungan dengan kisahnya yang mungkin tanpa sadar karena mengejar target untuk menghasilkan sebuah drama yang digadang2 bisa sesukses iljimae apalagi dengan tema yang sama lalu sang penulis naskah di akhirnya kebingungan sendiri karena setelah dilihat naskah yang ditulisnya bisa dibilang agak “kusut” 
Yang kemudian untuk mengatasi masalah tersebut lalu digunakan metode “narasi” ???   who knows 
Untuk list pemain serta aktingnya menurut saya lumayan. Ada si pretty boy Jung Il Woo sebagai Iljimae di sini menguasai bela diri dari 3 negara yaitu Korea, Cina dan Jepang. Tapi yang paling ditonjolkan justru “NINJA” nya, dengan segala macam senjata khas ninja khususnya pedang khas ninja dan shuriken. Karena memang si Jung Il Woo ini pretty boy sejati, pretty as a girl, jadi dia di sini juga seringkali menyamar sebagai cewek dan bahkan setiap orang pasti mengira dia cewek walaupun tidak sedang menyamar 
Untuk unsur komedi, drama ini jelas menyerahkannya pada Park Chul Min. Untuk unsur roman, pada drama ini sedikit lebih intens dan berani, sampai2 ada narasinya menyuruh agar anak2 usia 15 tahun ke bawah untuk tidur dan tidak ikut menonton 
Dan kesimpulannya, secara keseluruhan drama ini cukup bagus dan tidak seburuk ratingnya 
==========================================================================
Drama ini bisa anda download di folder box nya The Return of Iljimae@kpopella (tersedia dalam filefactory) atau pada sumber2 lainnya.
Untuk subtitle/teksnya saya lupa download dimana, yang pasti saya hanya menemukan subtitle bahasa Inggris untuk drama ini.
==========================================================================

Galeri The Return of Iljimae

roi4 return-of-iljimae-wallpaper 10-0-3 dara roi13 roi21 roi22 roi11
==========================================================================
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Diberdayakan oleh Blogger.

Terima kasih telah berkunjung